Bantul mempunyai banyak destinasi untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.Kabupaten Bantul merupakan salah satu gudang dari destinasi wisata alam tersebut.

Setelah Kabupaten Bantul mengembangkan beberapa objek wisata seperti Hutan Pinus Mangunan, Puncak Kebun Buah Mangunan, Puncak becici, dan lainnya, pemda Bantul mengembangkan objek wisata lainnya yang berbasis alam di kawasan tersebut yaitu JURANG TEMBELAN.

Berwisata alam di kawasan Jurang Tembelan ini menyegarkan dan menyuguhkan pemandangan luas yang merilekskan.Di Jurang Tembelan mempunyai pemandangan alam yang mempesona yang begitu alami dan sangat menyegarkan segala pikiran.Jurang tembelan meruapakan kawasan wisata yang menyuguhkan pemandangan luas dan merilekskan. Bagi para penggemar ketinggian, tempat wisata ini dapat menjadi pilihan.

Di Kawasan akan terlihat pemandangan deretan Pegunungan Sewu, dengan aliran Sungai Oyo yang membelah daratan.Yang unik dari kawasan wisata perbukitan ini adalah spot fotonya yang berada di ketinggian dan terletak di tepi jurang. Spot foto tersebut juga dijadikan tempat memandang hamparan pegunungan disekitar. Ragam bentuk anjungan foto yang ada juga dibuat unik agar foto yang dihasilkan lebih menawan.

Berada di puncak ketinggian, dengan panorama alam indah dan waktu yang tepat pengunjung bisa berburu matahari tenggelam. Jika berada di puncak kapal atau daerah Jurang Tembelan lainnya, matahari akan tampak tenggelam di balik Pegunungan Sewu. Momen sunset di Jurang Tembalen Bantu ini merupakan salah satu aktivitas yang ditunggu wisatawan.

Sedangkan untuk pengunjung yang ingin mendapatkan foto matahari terbit bisa datang dan bersiap sejak subuh. Berbagai spot foto bisa dipilih sesuai dengan tema foto yang akan di ambil. Biasanya spot favorit pengunjung adalah berfoto di atas ‘kapal titanic’ andalan lokasi wisata ini.

Jurang tembelan terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Selain di Mangunan.Untuk rute ke Hutan Pinus Mangunan Jogja jika Anda dari pusat kota Jogja Anda ambil saja arah ke Jl. Imogiri Timur. Lalu lurus saja sampai menemukan pertigaan Imogiri dan belok kiri ke arah Makam Raja-raja Imogiri. ikuti jalan melewati jembatan dan polsek imogiri,Setelah itu ada pertigaan belok kanan ke arah Mangunan, ikuti jalan naik dan berkelok sampai ketemunpertigaan yang kiri naik,yang kanan tetap landai.beloknkanan dan ada pertigaan sekitar 50meter ambil kanan,anda akan melewati turunan dan sebelah kanan sudah area kebun buah mangunan.ikuti petunjuk arah ke pintu masuk kebun buah mangunan,ambil jalur kekiri.

Letak jurang tembelan Dlingo Bantul dari pusat kota Yogyakarta sendiri hanya berjarak kurang leih 24 km. Dan jika Anda melakukan perjalanan hanya memakan waktu sekitar 50 menit. Sepanjang perjalanan memasuki ke arah perbukitan, Anda akan disuguhi oleh suasana perkampungan dan pemandangan alam yang sangat indah.