Siapa sih yang tak kenal Merapi? Gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini bisa jadi merupakan gunung yang paling terkenal di Indonesia.statusnya keamanan yang sering berganti-ganti sehingga kerap muncul di televisi.

Gunung yang terletak dalam satu garis lurus dengan Tugu Jogja, Kraton, dan pantai parangtritis ini menjadi gunung berapi paling aktif di Indonesia bahkan dunia. Nyaris setiap 5 tahun sekali Merapi erupsi dan memuntahkan material vulkanik,Meski begitu, orang-orang tetap mencintainya dan tinggal di lereng Merapi.

Kegiatan lava tour merapi ini bisa menjadikan orang mengerti bagaimana dahsyatnya letusan Gunung Merapi. Dengan lava tour wisatawan dapat menyaksikan puncak gunung merapi dengan jarak pandang sekitar 2 km. Gunung yang berketinggian 2.965 m dpl ini mengeluarkan asap sulfatara yang tak pernah henti mengepul dari kawahnya.

Kaliadem yang dulunya merupakan bumi perkemahan yang dilengkapi dengan fasilitas seperti basecamp pendakian, gardu pandang,warung makan, toilet dan musholla sekarang ini bangunan-bangunan tersebut tertimbun dan hanya terlihat beberapa bagian dari atas bangunan yang pernah ada yang telah hancur.

Keganasan Merapi lainnya dapat kita lihat sebuah bunker tempat persembunyian relawan pada waktu itu.letusan pada tahun 2006 tersebut selain menyemburkan awan panas juga memuntahkan material berupa pasir dan bebatuan panas yang mampu menumbangkan Geger Boyo ( bukit yang berada di bagian selatan Merapi), sehingga menimbun kawasan Kaliadem,Akibatnya material panas tersebut menimbun bunker setebal 3 m dengan panas sekitar kurang lebih 1000 ° C. Walaupun bunker tersebut dibuat dari beton setebal 25 cm dan pintu dari besi, akan tetapi panas yang diterima sangat besar sehingga bisa masuk kedalam yang mengakibatkan 2 relawan meninggal karena suhu panas. Seorang relawan ditemukan tewas berendam dalam bak mandi, sedangkan seorang lainnya tewas didepan pintu besi.Kini bunker tersebut sudah dibersihkan dan dicat putih, di depan pintu bunker terdapat prasasti mengisahkan riwayat bunker tersebut.

Lava tour merapi merupakan salah satu wisata yang sedang berkembang di Jogja, perkembangan wisata ini sangatlah signifikan karena bayak adventure yang ingin memacu adrenalinnya menggunakan jeep wisata lava tour merapi. Hal itu didukung dengan maraknya wisata yang berkembang di lereng merapi dengan mengunjungi berbagai tempat yang terkena dampak erupsi merapi ketika 2010.rute lava tour sendiri bisa dipilih, jika anda belum pernah ke bunker kaliadem bisa mengunjungi tempat tersebut untuk sebuah paket short atau paket pendek. Selain itu ada paket menengah dan paket long atau panjang yang dapat membuat adventure kali ini seru dan tak terlupakan karena diakhiri kunjungan ke berbagai tempat wisata yang terkena dampak merapi anda bisa menikmati keseruan menggunakan jeep di dasar sungai kali kuning. Merapi Lava Tour terbagi dalam tiga rute yakni short (1,5 jam), medium (2,5 jam), dan long (4-5 jam).Tur rute pendek dengan Jeep berisi maksimal 4 orang dewasa hargaya Rp 350.000, sementara untuk medium Rp 450.000 dan untuk long Rp 600.000Anda akan dibawa jeep menyusuri batu terjal dan air sungai sehingga tidak hanya berkunjung ke tempat erupsi. teman jalan anda akan serasa hidup kembali dengan kehisterisan mereka ketika berada di sungai ngetrack.

Bagi anda yang suka dengan tantangan tentu objek wisata lava tour merapi ini sangatlah tepat untuk menantang nyali anda menikmati naik turunnya jalan serta berkeloknya jalur yang dihiasi bebatuan besar yang berada di tepian jalan.Dengan menggunakan jeep double gardan yang memang diperuntukkan untuk jenis wisata ini, para driver yang berpengalaman membuat perjalanan anda semakin asyik. Awal perjalanan pun di buka dengan tanjakan yang cukup tinggi sehingga kita bisa merasakan adrenalin jenis wisata ini. Jalan beraspal yang rusak akibat erupsi Merapi menjadi pembuka untuk melewati jalanan yang curam, penuh bebatuan besar.

Kalau kamu suka momen sunrise (melihat mataharibterbit)mengikuti Lava Tour Merapi paket sunrise. Pastikan kamu bangun pagi-pagi benar supaya tidak keduluan matahari.karena jarak dari kota yogyakarta kisaran kurang lebih 30km, maka kita berangkat dari hotel/penginapan mungkin jam 4 pagi, setelab lama perjalanan sekitar 40 menit kita akan sampai basecamp jeeb,setelah itu menggunakan kendaraan jeeb untuk dapat naik ke lereng merapi. jangan lupa gunakan jaket saat berkunjung ke merapi saat sunrise,karna udara di atas sangat lah dingin,suhu di lereng merapi rata rata 15 ° C.dinginya suhu di tempat tersebut membuat kita akan lebierasakan betapa segarnya udara alam yang belum tercampur polusi udara.

Melihat sunrise dari kaki gunung pasti akan menimbulkan sensasi yang berbeda jika dibandingkan dengan sunrise di laut atau pun di puncak. Saat pagi hari, kamu juga bisa melihat Merapi secara jelas hingga lekuk-lekuknya. Langit yang biru bersi tanpa awan semakin mempercantik pemandangan.untuk harga jeeb paket sunrise tersebut 450.000 dalam durasi kurang lebih 3,5jam.

berikut daftar harga paket dan rute jeeb merapi,

paket short Durasi sekitar 1,5 hingga 2 jam dengan tarif Rp 350.000.

basecamp – Mini Museum Sisa Hartaku -Batu Alien – Bunker Kaliadem.
paket medium dengan Durasi sekitar 2 jam dengan tarif Rp 450.000.

Opsi pertama: basecamp – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem – Makam Mbah Marijan.
Opsi kedua: basecamp – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem -Taman Nasional Plunyon.
Opsi ketiga: basecamp -Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Kali Kuning (spot air).
paket long dengan durasi sekitar 2 hingga 3 jam dengan tarif Rp 550.000.

pilihan pertama: basecamp – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem – Makam Mbah Marijan – Buit Glagah Sari, Klangon.
pilihan kedua : basecamp – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem – Kali Kuning (spot air)
paket sunrise dimulai pukul 04.30 WIB, durasi sekitar 3 jam dengan tarif Rp 450.000.

start dari basecamp -Bukit Kaliadem – Batu Alien – Mini Museum Sisa Hartaku Kungai kuning (sport air)
berkunjungan pada malam hari di Kaliadem akan sangat menarik karena wisatawan akan dapat melihat lelehan lava pijar yang menuruni kubah lava. Hanya saja pemandangan ini dapat dilihat pada malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *